Menulis Critical Review

Di beberapa kuliah yang saya ampu, salah satu tugas yang menjadi bagian dari komponen penilaian adalah membuat review bacaan dari bahan bacaan kuliah yang telah disediakan. Di silabus tiap mata kuliah, ada keterangan lebih lanjut mengenai  ketentuan teknis penulisan yang terkait dengan jumlah kata, jumlah halaman, dan informasi teknis lainnya.
Salah satu tujuan dari tugas tersebut adalah untuk ‘memaksa’ mahasiswa membaca bahan bacaan kuliah. Harapannya, dengan membaca bahan bacaan yang disediakan akan membantu mahasiswa dalam memahami materi kuliah. Tujuan lain dari tugas tersebut adalah untuk melatih mahasiswa membuat tulisan akademik sejak dini. Harapannya, dengan membuat review bacaan akan membantu mempersiapkan mahasiswa dalam menulis esai/skripsi/penelitian. Latihan menulis melalui pembuatan review bacaan juga akan sangat berguna terutama ketika nanti mahasiswa menyiapkan kajian pustaka (literature review) untuk kebutuhan skripsi mereka.

Literature review merupakan bagian yang esensial dari sebuah riset. Ia mempunyai sejumlah peran antara lain:
  1. Memberikan justifikasi atas pentingnya tema penelitian yang diangkat
  2. Memberikan kerangka pemahaman atas tema yang diteliti termasuk perdebatan dan isu-isu sentral yang terkait
  3. Menyajikan riset-riset dengan tema terkait yang telah dilakukan sebelumnya, termasuk pertanyaan-pertanyaan penelitian apa saja yang diajukan, persoalan-persoalan apa saja yang diangkat, serta bagaimana riset tersebut dilakukan
  4. Menunjukkan pemahaman atas kritik terhadap riset-riset sebelumnya
  5. Menunjukkan pemahaman atas teori-teori utama yang terkait dengan tema yang diteliti dan bagaimana teori-teori tersebut diaplikasikan dan dikembangkan
  6. Menjadi landasan untuk menyusun desain riset dan kerangka teoritis atas riset yang dilakukan
  7. Menunjukkan kontribusi/sumbangan/nilai tambah dari riset yang sedang dilakukan dibandingkan dengan riset-riset sebelumnya
Oleh karenanya, melalui literature review Anda menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda:
  1. Memahami dengan baik sejarah perkembangan dari tema riset yang diangkat serta berbagai kontroversi yang melingkupinya
  2. Memahami dengan baik konsep-konsep kunci/gagasan/studi/model utama yang terkait dengan tema yang Anda teliti
  3. Mampu mendiskusikan gagasan-gagasan yang berkembang dalam konteks yang sesuai dengan penelitian yang Anda lakukan
  4. Mampu melakukan evaluasi atas hasil karya orang lain
Menurut Bryman (2011), penyusunan studi literatur ditujukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  1. Apa yang telah diketahui mengenai topik penelitian yang dikaji?
  2. Konsep dan teori apa yang relevan dalam memahami topik penelitian yang dikaji?
  3. Metode dan strategi riset apa saja yang pernah dikembangkan dalam memahami topik penelitian yang dikaji?
  4. Adakah kontroversi yang signifikan?
  5. Adakah ketidaksesuaian dalam temuan utama terkait dengan topik penelitian yang dikaji?
  6. Adakah pertanyaan-pertanyaan penelitian yang belum terjawab?
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat tugas review bacaan tersebut antara lain:
  1. Review bacaan berbeda dengan membuat rangkuman bacaan. Membuat rangkuman hanya merupakan salah satu tahap dalam membuat review bacaan
  2. Mengingat sebagian besar bahan bacaan yang akan di-review adalah berbahasa Inggris, hindari untuk sekedar menerjemahkan (penting untung diingat, tulisan hasil terjemahan yang serampangan biasanya akan sangat terlihat, apalagi jika Anda hanya sekedar menggunakan fasilitas penerjamahan gratis secara online)
  3. Pilih dan baca bacaan dari bahan bacaan yang disediakan dan pahami bahan bacaan tersebut secara utuh. Jika belum yakin bahwa Anda memahami bacaan tersebut secara utuh, ulangi lagi membaca bacaan tersebut
  4. Dari pemahaman Anda atas bacaan tersebut, buat rangkumannya secara ringkas: apa argumen pokok dan temuan menarik dari bahan bacaan tersebut . Dalam membuat rangkuman, tulis ulang argumen pokok dari bahan bacaan tersebut dengan kalimat Anda sendiri, jangan hanya sekedar copy dan paste (rangkuman cukup ditulis 1-2 paragraf tergantung batasan jumlah kata/halaman).
  5. Sampaikan opini Anda apakah setuju/tidak setuju dengan argumen pokok dari bahan bacaan tersebut. Perkuat opini Anda dengan contoh. Jika diperlukan, tambahkan sumber bacaan lain untuk memperkuat opini Anda. 
Berikut ini TO DO/DON'T LIST dalam menyusun literature review (Hart, 1998):

DO THIS...
  1. Identifikasi dan diskusikan isu-isu utama dari tema yang diteliti
  2. Sedapat mungkin lakukan review atas materi dan data-data terbaru
  3. Periksa kembali sedetail mungkin hal-hal seperti misalnya cara penulisan nama penulis yang benar, tahun penerbitan, judul sumber bacaan
  4. Bacalah materi yang tersedia secara kritis, analitis, dan evaluatif
  5. Pergunakan ilustrasi dan berikan contoh untuk menjustifikasi analisis dan argumen yang Anda susun
  6. Pilih dan pergunakan cara mengelola sumber bacaan yang paling sesuai dan efektif
  7. Buatlah secara jelas, sistematis, dan koheren
DON'T TRY THIS…
  1. Lupa menyertakan karya-karya utama atau mendiskusikan isu sentral tanpa referensi yang jelas
  2. Menggunakan bahan-bahan yang telah usang tanpa upaya mencari yang lebih mutakhir
  3. Menggunakan konsep-konsep yang tidak relevan dengan tanpa memberikan penjelasan yang memadai
  4. Salah menuliskan nama penulis atau tahun/tanggal publikasi
  5. Menggunakan jargon dan bahasa yang diskriminatif
  6. Sekedar menyusun daftar bacaan meskipun dengan sedikit rangkuman (karena membuat rangkuman berbeda dengan melakukan review)
  7. Membenarkan semua bahan bacaan yang tersedia tanpa membacanya dengan cara yang kritis
  8. Sekedar mendeskripsikan bahan bacaan yang dibaca
  9. Lupa mendokumentasikan atau mencatat secara lengkap sumber bacaan
Di samping ketentuan-ketentuan tersebut, perlu juga bagi Anda untuk memperhatikan dan mengikuti ketentuan teknis pembuatan review bacaan yang ada di silabus kuliah terkait.

Sumber:

Bryman, A., 2008, Social Research Methods 3rd ed, Oxford: Oxford University Press
Hart, Chris. 1998. Doing a Literature Review: Releasing the Social Science Research Imagination. London: Sage Publications.
Taylor, Dena and Margaret Procter (n.d). "The Literature Review: a Few Tips on Conducting It" dalam http://www.writing.utoronto.ca/advice/specific-types-of-writing/literature-review
http://www.library.cqu.edu.au/tutorials/litreviewpages/index.htm
http://www.monash.edu.au/lls/llonline/writing/general/lit-reviews/index.xml